Selasa, 17 Januari 2012

Bab 3 : Gejala Alam Biotik dan Abiotik

A . Gejala Alam
          Cahaya matahari , hawa sejuk , tiupan angin , aliran air , dan pertumbuhan tumbuhan merupakan contoh gejala alam . Gejala alam dapat di bagi menjadi 2  , yaitu gejala alam kebendaan dan gejala alam kejadian menyangkut komponen biotik dan abiotic .
          Biotik ( mahkluk hidup ) dan abiotic ( mahkluk tak hidup ) .
B . Gejala Alam Kebendaan dan Gejala Alam Kejadian
    Komponen Biotik
           Biotik artinya mahkluk hidup . Hewan , tumbuhan , mikroorganisme , dan manusia merupakan komponen biotik
           Mahkluk hidup memiliki ciri ciri tertentu . Keadaan atau ciri ciri khusus yang dimiliki oleh mahkluk hidup merupakan gejala alam kebendaan komponen biotik .
           Sebagai contoh : Tumbuhan putri malu ( Mimosa pudica )  memiliki ciri ciri bunganya berwarna merah muda , batangnya berduri , dan daunnya menutup jika disentuh .

           Semua mahkluk hidup melakukan aktivitas , seperti tumbuh , bergerak , berkembang biak , menanggapi rangsang , dan mengeluarkan zat sisa . Aktivitas tersebut merupakan gejala alam kejadian komponen biotik .   
           Sebagai contoh : Kupu kupu itu sedang terbang kesana kemari , mencari madu . Dan mengisap sari sari bunga tersebut .
      
           Sebagai contoh : Lebah belang terbang disekitar bunga mawar merah yang batangnya berduri untuk mengambil madu .
           Komponen Biotik : Lebah belang dan bunga mawar merah . kira kira yang manakah yang gejala alam kejadian dan gejala alam kebendaan komponen biotik ?
Gejala alam kebendaan komponen biotik :  Pola belang pada lebah , warna merah dan duri pada mawar . sedangkan gejala alam kejadian komponen biotik : Terbang dan mengambil madu .
C . Gejala Alam Kebendaan dan Gejala Alam Kejadian
    Komponen Abiotik                

          Abiotik artinya benda tak hidup . Udara , air , cahaya matahari , tanah , batu , dan api merupakan komponen abiotic .
          Sama seperti biotik , gejala alam kebendaan abiotic merupakan keadaan atau ciri ciri benda tak hidup .
          Sebagai contoh : sifat udara : menempati ruang , dapat bergerak bebas , volumenya tidak tetap , dan tidak berwarna ; Air dapat bergerak bebas sesuai dengan keadaan ruang dan volumenya tetap ; Tanah ada yang berwarna merah , hitam ,dan kuning ; Tanah dapat merupakan tanah liat , tanah lempung , tanah gembur ; cahaya dapat menembus udara dan air ; batu ada yang kecil dan ada yang besar , ada yang berwarna hitam ada pula yang berwarna cokelat ; Api bercahaya , warnanya merah atau ungu ; Api mempunyai sifat panas sehingga dapat membakar .
         
          Peristiwa yang terjadi pada benda tak hidup yaitu gejala alam kejadian komponen abiotic .
          Sebagai contoh : udara berpindah dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah ; Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah ; Salju turun pada musim dingin .         


2 komentar:

  1. Tepat sekali materi ini terkait gejala alam biotik dan abiotik karena banyak literatur yang belum secara rinci terkait membahas tentang gejala alam biotik dan abiotik, terimakasih banyak semoga bermafaat untuk anak bangsa.

    BalasHapus
  2. Titanium Burns Point - Titanium Stone Brewing Co.
    Find titanium glasses frames this beer and babyliss nano titanium flat iron your favorite It's hard to come by titanium knife when I use it, but if you're titanium 200 welder looking for properties of titanium more flavor to their beer, try out

    BalasHapus